Senin, 23 September 2013

Definisi Kanker Kulit

Kanker kulit adalah terjadinya pertumbuhan sel-sel abnormal pada kulit. Penyebab timbulnya kanker kulit tidak sama dan tingkat keganasan kanker juga berbeda-beda. Kanker kulit umumnya tumbuh pada lapisan kulit paling luar (epidermis), sehingga kanker kulit mudah terlihat dari luar dan gejala awalpun cepat teridentifikasi. Karena tidak mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak, kanker kulit termasuk kanker hampir tidak beresiko pada kematian.

Umumnya kanker disebabkan oleh zat-zat oksidan dalam tubuh yang berlebihan. Selain itu pancaran sinar radio aktif dan sinar ultra violet secara langsung tanpa penghalang dapat memicu kanker kulit.
Kanker kulit lebih mudah dikenali dan ditangani, tapi tentu saja harus intensif dalam penanganannya karena dikhawirkan terjadi penyebaran pada organ yang lainnya.


Terapi untuk kanker kulit:

  1. Hindari makanan dan minuman yang mengandung zat-zat kimia, termasuk gula pasir dan air mineral. 
  2. Hindari penggunaan bedak dan handbody lotion terbuat dari zat kimia. 
  3. Hindari paparan sinar matahari langsung diatas jam 9 pagi. 
  4. Minum suplemen yang dapat membersihkan kotoran di dinding usus. Contohnya kolak waluh (labu parang) tanpa santan, ditambah air jeruk nipis (2 gelas sehari).
  5. Konsumsi suplemen yang mengandung zat anti oksidan, misalnya juss tomat sayur, buah anggur, buah wortel, dan taoge kacang hijau. Pembuatan juss sebaiknya di blender selama 20 menit jangan berhenti, dengan tujuan agar ada injeksi oksigen ke dalam juss. Minumlah 2 gelas sehari, dan langsung diminum habis. 
  6. Konsumsi rebusan herbal yang banyak mengandung zat anti oksidan. Misalnya daun benalu mangga, daun benalu teh, daun tapak dara, daun sukun, temu putih, daun mahkota dewa, dll. Diminum 2 gelas sehari.
  7. Konsumsi rebusan herbal mahkota dewa, jintan hitam, pace, dll. Diminum 2 gelas sehari. 
  8. Buat bedak dari keladi tikus atau ketela pohon tahunan yang beracun. Taburkan bedak secara merata pada kulit yang terinfeksi 4 - 5 kali sehari.
  Mudah-mudahan artikel tentang definisi dan terapi kanker kulit di atas bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar